Silaturrahim (Ayat ke-1)

Ayat ke-1

“ Sesungguhnya Allah menyuruh ( kamu ) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat. Dan Allah melarang perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberikan pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” ( QS An Nahl: 90 )

Keterangan

Di dalam Al Quran didapati banyak sekali firman Allah swt mengenai perintah dan anjuran untuk menyayangi kaum kerabat dan bersedekah kepada mereka.

Di beberapa tempat dalam Al Qur’an, Allah swt telah memerintahkan untuk menyambung tali silaturahmi. Allah swt berfirman,

“ Bertaqwalah kepada Allah yang dengan ( mempergunakan ) nama-Nya, kamu saling meminta, dan ( peliharalah ) hubungan silaturahmi.” ( An Nisaa: 1 )

Yakni sambunglah tali silaturahmi dengan mereka dan jangan memutuskan hubungan dengan mereka. Dalam ayat yang lain, Allah swt berfirman:

“ Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya.” ( Al Israa 26 )

Yakni tunaikanlah hak saudara-saudaramu dan sambunglah tali silatuahmi.

Di tempat yang lain, Allah swt berfirman:

“ Sesungguhnya Allah menyuruh ( kamu ) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat. Dan Allah melarang perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberikan pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” ( QS An Nahl: 90 )

Yakni, Allah swt memerintahkan kita untuk mentauhidkan-Nya dan bersaksi dengan Laa ilaaha illallohu, berbuat baik kepada orang lain, memaafkan mereka, menyambung tali silaturahmi dan bersedekah kepada mereka. Setelah memerintahkan tiga perkara, Dia melarang berbuat keji, dosa, kemungkaran dan menzalimi orang lain. Kemudian Allah swt berfirman bahwa perkara-perkara tersebut dinasihatkan kepada manusia, agar manusia mau menerima nasihat-Nya.

Utsman bin Madz’un r.a. berkata,” Saya sangat mencintai Rasulullah saw. Rasulullah selalu menyuruh saya untuk masuk Islam. Karena merasa malu, akhirnya saya pun masuk Islam, tetapi Islam belum masuk ke dalam hati saya. Suatu ketika, saya duduk di samping Rasulullah sambil berbincang dengan beliau. Tiba-tiba di tengah pembicaraan itu, beliau saw melihat ke arah lain sehingga seakan-akan beliau berbicara dengan orang lain. Sebentar kemudian, beliau menghadap ke arah saya lagi dan bersabda,’ Jibril a.s. datang dengan membawa ayat ini ( An Nahl 90 )

Saya merasa sangat senang setelah mendengar makna yang terkandung di dalamnya, sehingga Islam telah masuk ke dalam hati saya. Setelah bangkit dari tempat itu,saya pergi kepada paman Nabi saw, yaitu Abu Thalib ( yang tidak mau memeluk Islam ), lalu saya berkata kepadanya,” Saya tadi duduk di samping keponakanmu pada saat ayat ini diturunkan kepada beliau.” Ia berkata,” Ikutilah Muhammad, kamu akan memperoleh kejayaan. Demi Allah, terlepas dari apakah ia benar atau salah dalam pengakuannya sebagai Nabi, tetapi ia mengajari kalian kebiasaan yang baik dan akhlak yang mulia.” ( Dari Kitab Tanbihul Ghaafilin ). Inilah nasihat dari seseorang yang belum masuk Islam. Meskipun ia menyangsikan kenabian keponakannya, ia tetap mengakui bahwa ajaran Islam itu merupakan ajaran yang terbaik dan mengajarkan akhlak yang mulia. Tetapi anehnya, pada hari ini orang Islam justru berakhlak buruk.

Tinggalkan komentar

Ummu Salma al-Atsariyah

Meraih Kebahagian Dunia dan Akhirat

Seputar Psikiatri, Psikiater, dan Psikologi

Info, Tanya Jawab, dan Edukasi Kesehatan Jiwa

Jamaah tabligh, Dakwah Tabligh, Khuruj, Bayan

Jamaah tabligh, Dakwah Tabligh, Khuruj, Bayan, dakwah islam, dakwah nabi, dakwah rasulullah,contoh Dakwah, Dakwah Nabi Muhammad, Sejarah dakwah, Kisah Nabi, Kisah Islam, Mendidik karakter, Shahabat Nabi

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Iman dan Amal Soleh

Kebahagian Kesuksesan Manusia Hanya Dalam Amal Agama Islam Yang Sempurna

b a a s r

belajar adab-adab sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

Penulis Super

Menulis segala Hal Yang Berguna Untuk Anda | Trik Menarik | Tips Terbaru | Hal Yang Paling Super Saat Ini dan Rahasia | Cara Mengetahui sifat, karakter, watak dan kepribadian seseorang

Photo Nature Blog

Nature Photography by Jeffrey Foltice

Love thy bike

A love of photography, cycling and exploring places on two wheels.

Bacalah!

Membuka Pikiran Anda

ALL MANAGEMENT INSIGHT

Dokumentasi Blog sejak tahun 2007

grizanderson

...from the middle of nowhere

FITRIA KURNIAWAN (ABU FAHD)

Agen Herbal, Adventure, Dakwah, Kisah, dll

Merajut Kata

Untuk-MU, ALLAH-ku.. Untuk Mereka, Orangtuaku.. Untukmu, Saudaraku..

Agus Ibnu Syofiardy

"QOYYIDUL 'ILMA BIL KITABI" (Ikatlah Ilmu dengan Tulisan)

sendaljepitblog

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Iwan blog world

ILMIAH - KONSTRUKTIF - INSPIRATIF

Fiaspirit's Blog

Just another WordPress.com site

Catatan SederhaNa

because life is a story

Teorionline

References, Tutorials and Discussion

Broto Blog

Hidup adalah pilihan, tentukan pilihan itu sekarang atau pilihan yang akan menentukanmu

selembar kertasku

merubah peradaban dunia dengan pemikiran dan tulisan

almubayyin

Dakwah is My Lifestyle

MANAJEMEN OPERASI/PRODUKSI

Blog Mata Kuliah : Program MM-UHAMKA

Sebuah Coretan

>>> Aksi Dan Reaksi Semesta <<<

~p0c0ng~

Not luxorious just simple place