Beriman Kepada Hari Akhirat

Ayat-ayat Al Qur’an

  • Allah SWt berfirman : Hai manusia ! bertaqwalah kepada Tuhanmu. Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat adalah suatu kejadian yang dahsyat. Pada hari itu ketika kamu melihat keguncangan itu setiap ibu yang menyusui akan melupakan anak yang disusuinya dan setiap wanita yang mengandung akan gugurlah kandungannya ; dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk ; padahal sebenarnya mereka tidak mabuk akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya ( Al hajj 22: 1-2 ).
  • Allah SWT berfirman : dan tidak ada seorang teman akrab pun menanyakan temannya. Sedang mereka saling melihat. Orang-orang kafir ingin kalau sekiranya dia dapat menebus dirinya dari azab hari itu dengan anak-anaknya. Dan istrinya dan saudaranya, dan kaum familinya yang melindunginya dan orang-orang diatas bumi seluruhnya ; kemudian mengharapkan tembusan itu dapat menyelamatkannya sekali-kali tidak dapat ! ( Al Maarij 70 : 10-15 ).

  • Allah SWT berfirman : dan janganlah sekali-kali kamu mengira bahwa Allah SWT lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang jalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai pada hari yang pada waktu itu mata mereka terbelalak, mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mengangkat kepalanya sedang mata mereka tidak berkedip-kedip dan hati mereka kosong ( Ibrahim 14: 42-43 ).
  • Allah SWT berfirman timbangan pada hari itu ialah kebenaran, maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat kami ( Al A’raf 7:8-9).
  • Allah SWT berfirman : bagi mereka surga Adn ! mereka ( yang melakukan amal saleh ) akan masuk kedalamnya, didalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelas-gelas dari emas, dan dengan mutiara dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra dan mereka berkata : segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita bagi kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal dari karunia Nya ; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesuh. ( Fatir 35 : 33-35
  • Allah SWT berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa ( kepada Allah ) berada dalam tempat yang aman, yaitu didalam taman-taman dan mata air-mata air, mereka memakai sutra yang halus dan sutra yang tebal, duduk berhadap-hadapan, demikianlah. Dan kami berikan kepada mereka bidadari. Didalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman. Mereka tidak akan merasakan mati didalamnya kecuali mati didunia dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, sebagai karunia dari Tuhanmu. Demikian itu adalah keberuntungan yang besar. ( Ad-Dukhan 44 : 51-57 ).
  • Allah SWT berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas yang campurannya air kapur, yaitu mata air yang dari padanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merta dimana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan, katanya : Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhoan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula ucapan terima kasih. Sesunguhnya kami takut akan azab suatu hari yang di hari itu orang-orang bermuka masam, dan penuh kesulitan dari Tuhan kamu. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu ( karena ketaatan dan keikhlasan mereka ), dan memberikan kepada mereka kejernihan wajah dan kegembiraan hati. Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka dan pakaian sutra. Didalamnya mereka duduk bertelekan diatas dipan, mereka tidak merasakan didalamnya panasnya matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan. Dan naungan pohon-pohon yang dekat diatas mereka dan buahnya di mudahkan memetiknya semudah-mudahnya. Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca, yaitu kaca-kaca yang terbuat dari perakyang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. Didalam sorga itu mereka diberi minum segelas minuman ( anggur ) yang campurannya adalah zanjabil ( jahe ). Yang didatangkan dari sebuah mata air sorga yang dinamakan salsabil dan mereka dikelilingi oleh pelayan – pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka kamu akan mengira mereka mutiara yang bertaburan. Dan apabila kamu melihat disana ( sorga ), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra yang tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih ( dan akan dikatakan kepada mereka ) : sesungguhnya ini adalah balasan untukmu dan usahamu adalah disyukuri . ( Al insan 76 : 5-22 )
  • Allah SWT berfirman : dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu? Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercura, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti buahnya dan tidak terlarang mengambilnya, dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya kami menciptakan mereka ( bidadari-bidadari ) dengan langung, dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan ( yang hanya dikasihi oleh suami-suami mereka ( penuh cinta lagi sebaya umurnya ), ( kami ciptakan mereka ) untuk golongan kanan, yaitu segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu ( yang telah memeluk islam ) dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian. ( Al Waqiah 56 : 27-40 ) Catatan : Menurut tafsir yang lain generasi sebelumnya bermakna orang-orang dari umat sebelumnya ; dan generasi kemudian bermakna orang-orang daripada umat ini. ( Bayanul qur’an )
  • Allah SWT berfirman : Didalamnya ( sorga ) kamu memperolehi apa yang kamu inginkan dan memperoleh pula didalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan bagimu dari Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( Fushilat 41 : 31-32)
  • Allah SWT berfirman : Beginilah ( keadaan mereka yang beramal saleh ) !. Dan sesungguhnya bagi orang-orang durhaka, benar-benar disediakan tempat kembali yang buruk, yaitu neraka jahannam yang mereka masuk kedalamnya ; maka amat buruklah jahanam itu sebagai tempat tinggal sesungguhnya inilah azab mereka ( bagi orang-orang yang durhaka ) !. biarlah mereka merasakannya minuman mereka air yang sangat panas dan air yang sangat dingin. Dan azab yang lain yang serupa itu berbagai macam. ( Shad 38 : 55-58 ).
  • Allah SWT berfirman : ( Dikatakan kepada orang-rang kafir ) : Pergilah kamu mendapatkan azab yang dahulunya kamu mendustakannya ! Pergilah kamu mendapatkan naungan yang mempunyai tiga cabang, yang tidak melindungi dan tidak pula menolak nyala api neraka. Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana, seolah-olah ia iringan unta yang kuning. ( Al Mursalat 77: 29-33 )
  • Allah SWT berfirman : Bagi mereka lapisan-lapisan dari api diatas mereka dan dibawah merekapun lapisan-lapisan api. Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hambanya dengan ajab itu . maka bertakwalah kepadaku wahai hamba-hamba KU. ( Azzumar 39 : 16 )
  • Allah SWT berfirman : Sesungguhnya pohon zaqqum itu, maka orang yang banyak berdosa, ia sebagai kotoran minyak yang mendidih dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas. ( Akan dikatakan kepada Malikat-malaikat ) : Peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah-tengah neraka, kemudian tuangkanlah diatas kepalanya siksaan air yang amat panas ( akan dikatakan dengan mengejek ) : rasakanlah, sesunguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia. Sesungguhnya ini adalah azab yang dahulu selalu kamu meragu-ragukannya. ( Ad-Dhukan 44 : 43-50 ).
  • Allah SWT berfirman : Dihadapannya ( setiap penjamin yang bangkang ) ada jahanam, dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak dapat menelannya dan datanglah maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia juga tidak mati ; dan dihadapannya masih ada azab yang berat. ( Ibrahim 14:16-17 )

HADITS NABAWI

127. Ibnu Abbas meriwayatkan : Abu Bakar r.a. berkata ! Sesungguhnya rambutmu telah beruban ! ia menjawab : ( Surat ) Hud, Al waqiah, Al Mursalat, Amma yatta sa’alun dan Hijas samsu kuwwirat telah menyebabkan rambutku menjadi putih. (HR.Tirmidzi ).

Catatan : Hubungan antara rambut menjadi uban dan merujuk kepada bab-bab dalam Al qur’an menunjukkan peristiwa dahsyatnya hari kebangkitan dan azab bagi orang-orang yang durhaka. Telah disebutkan dalam beberapa surat tersebut diatas.

128. Khalik Ibnu Umair Al Adawai r.a. meriwayatkan : Utbah Ibnu Gozwan r.a. ( ketika itu ia adalah gubernur Basrah ) setelah memuji dan memuliakan Allah berkata kepada kami : Tidak dapat diragukan bahwa dunia telah mengumumkan kesudahannya ; dan ia telah berbalik dengan bergegaslah ; dan apa yang tertinggal padanya kecuali setetes seperti sisa tetesan-tetesan dalam sebuah mangkuk yang orang minum berusaha untuk menghirupnya. Dan sesungguhnya kamu semua akan berpindah ( mati ) dari dunia ini kepada suatu tempat yang tidak pernah akan berakhir karena sesungguhnya, telah disebutkan kepada kita bahwa ( apabila sebuah batu dilemperkan dari pinggiran neraka,dia akan terus jatuh selama 70 tahun akan tetapi belum mencapai dasar neraka. Dan demi Allah akan datang suatu hari yang neraka itu akan terisi penuh dengan manusia dan jin ). Oleh sebab itu apakah ini tidak mengherankan kamu ? dan juga telah disebutkan bahwa permukaan antara dua papan pintu sorga adalah 40 tahun perjalanan, namun akan datang suatu hari dimana permukaan ini akan dipadatkan karena besarnya jumlah ahli surga. Dan sesungguhnya saya telah melihat waktu itu juga, apabila saya termasuk tujuh dari antara tujuh sahabat Rasulullah SAW, yang tidak mendapatkan sesuatu untuk dimakan kecuali daun-daun pohon, sehingga dinding-dinding mulut kami bernanah dengan bisul-bisul. Dan saya berusaha meeminta sehelai kain kasar yang saya bagi antara diri saya dan Saad Ibnu Malik. Oleh sebab itu saya memakainya untuk menutup separuh badan saya yang bawah dan Saad Ibnu Malik memakai sehelai yang lainnya. Akan tetapi hari ini setiap dari kita ada seorang amir ( gubernur ) kota dari antara kota-kota besar. Dan sesungguhnya aku berlindung kepada Allah yang saya merasa diri saya besar, tetapi Allah SWT, menganggap saya kecil ( dan tiada berarti ). Dan sesungguhnya tidak pernah ada kenabian ( dan jalannya ) kecuali ( yang akhirnya ) kenabian itu terlupakan orang sehingga menjadi semata-mata kerajaan duniawi. Oleh sebab itu pada masa akan datang kamu akan mengalami gubernur-gubernur lain setelah kami ). ( HR.Muslim )

Catatan : “Jalan-jalan kenabian “ menunjuk kepada sifat masa nabi-nabi yang penuh keadilan dan kedamaian dan dihiasai dengan ketidak acuhan terhadap dunia bersamaan dengan bertambahnya kecintaan kepada akherat. ( Takmalah fathul Mulhim ).

129. Aisah r.a.meriwayatkan bahwa bilamana malam gilirannya bersama dengan Rsulullah SAW, Baginda keluar pada akhir malam keperkuburab Baqi dan berkata

السلام عليكم دار قوم مؤمنين ، وأتاكم ماتوعدون غدامؤجلون ، وإنا-إنشائالله-بكم لاحقون،اللهم ! اغفر لأهل بقيع الغرقد

Assalamualaikum hai penghuni tempat kediaman orang beriman, dan apa yang telah dijanjikan kepadamui ( kematian ) telah menjemput kamu ; kamu telah pergi lebih dahulu dan Allah berkehendak kami akan bergabung dengan kamu. Wahai Allah, ampunilah penghuni Baqi. ( HR.Muslim)

130. Mustawrid Ibnu Saddad r.a. meriwayatakan : Bahwa Rasulullah SAW bersabda : Demi Allah ! dunia ini apabila dibandingkan dengan akherat adalah seperti orang yang mencelupkan jarinya kedalam lautan dan melihat sejumlah air pada jari tersebut. ( air yang sebagaimana jumlah air diatas jari dibandingkan dengan laut adalah sangat sedikit), demikian pula kehidupan dunia ini dibandingkan dengan akherat.

131. Saddad Ibnu Aus r.a meriwayatkan : Nabi SAW bersabda : Orang yang paling pandai yang menghisab dirinya dan bekerja ( membuat persiapan ) untuk kehidupan setelah kematian dan orang yang bodoh adalah yang mengikuti hawa nafsunya dan masih besar pengharapannya pada rahmat Allah ( yang Allah Ta’ala Maha Pengampun ). ( HR.Tirmidzi )

132- Abdullah Ibnu Umar r.a. meriwayatkan : Saya datang kepada Nabi SAW menjadi yang kesepuluh dari sepuluh sahabat yang lain. Seorang Ansahar berdiri dan berkata : wahai Rasulullah ! Siapakah orang yang paling bijaksana dan yang paling tegas ? Baginda menjawab : barang siapa yang banyak mengingati maut dan mempersiapkan apa yang perlu sesudah mati, sebelum kematian menjemputnya ( sesungguhnya yang demikian adalah orang yang paling bajaksana ). Mereka akan pergi dari dunia ini dengan kemuliaan dan kemegahan akhirat. (Ibnu Majah, Tabrani dan Majma Uz – Zawaid ).

133. Abdullah r.a. meriwayatkan : Nabi SAW menggaris ( membuat sketsa ) persegi panjang dan ia membuat garis ( horizontal yang lain ) ditengah yang menonjol keluar dan ia membuat garis – garis yang lebih kecil ( vertikal ) yang berada pada pertengahan kemudian ia berkata : ( sketsa ini adalah manusia, dan garis persegi panjang ini adalah jangka waku kehidupan ( takdir ). Dan garis ini yang menonjol keluar daerah persegi panjang menunjukkan angan-angannya dan garis yang kecil-kecil adalah kejadian-kejadian ( yang berlaku dalam kehidupannya ). Jikalau satu kejadian ini meleset dari padanya ia akan dirusak oleh yang lain. Dan jikalau yang satu ini meleset daripadanya ia akan masih dirusak oleh yang lainnya. (HR. Bukhari )

134- Mahmud Ibnu Labit r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : ada dua perkara yang bani Adam benci : Kematian padahal kematian itu lebih baik baginya daripada fitnah dan ia membenci kalau mempunyai hanya sedikit harta padahal sedikit harta itu lebih ringan ( pada waktu ) penghisapan ! ( Musnad Ahmad ).

Catatan : Fitnah menunjuk kepada ujian-ujian dan penderitaan-penderitaan yang menimpa seseorang dalam kehidupan dunia ini dan iman serta yakin hamba-hamba Allah diuji melaluinya.

135. Abu Salamah r.a.meriwayatkan bahwa : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Barang siaapa yang menjumpai Allah mengucapkan La Ilaha Illallah ( Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah dan beriman pada hari kebangkitan setelah kematian ) dan kepada hari perhitungan ( amal-amal ), pasti akan masuk sorga. (Al-bidayah Wan Nihaya )

136- Umi Darda r.anha meriwayatkan : Saya bertanya kepada Abu Darda : Tidakkah engkau pergi dan mencari sesuatu untuk tetamu-tetamumu (apa yang manusia) biasanya mencari ( makanan dan minuman yang baik )bagi tetamu-tetamunya? Ia menjawab : saya mendengar Rasulullah SAW sesungguhnya dihadapan kamu ada sebuah jalaan kecil yang tak dapat dilalui! Orang yang membawa beban yang berat tidak dapat melewati melalui jalan itu dengan mudah, sebab itu saya ingin menjaga diri saya ringan apabila melewati lintasan itu. ( baihaqi )

catatan : manusia ( biasanya mencari ) makanan dan minuman yang baik, bermakna bahwa ia terpaksa menggunakan masa dan berusaha mencari kalau bukan untuk keluarganya maka ia mencari semata-mata untuk menyenangkan tetamu-tetamunya.

137- Hani Rahimahullahu seorang budak yang dibebaskan Ustman r.a.meriwayat kan: ketika Ustman mengunjungi kuburan ia menangis sehingga janggutnya menjadi basah. Kemudian dikatakan kepadanya ada apa dengan kamu apabila sorga dan neraka disebutkan kamu tidak menangis akan tetapi kamu menangis bila melihat kuburan ! dia menjawab : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : sungguh kuburan ini adalah perhentian pertama diantara perhentian akherat ; jiklau seseorang terselemat dari ( azab ) ini, maka apa yang selanjutnya akan menjadi mudah. Dan jika seseorang tidak dapat selamat dari perhentian ini maka apa yang selanjutnya lebih berat dari pada ini dan Rasulullah SAW bersabda : saya tidak pernah menyaksikan sebuah pemandangan yang lebih mengerikan daripada ( azab ) kubur. ( HR.Tirmidzi )

138- Ustman Ibnu Affan r.a. meriwayatkan : ketika Nabi SAW menyelesaikan pengebumian ( seorang muslim ), ia berdiri pada kuburannya dan berkata : mohonlah pengampunan bagi saudaramu dan berdolah kepad Allah untuk menguatkannya karena sesungguhnya ia sekarang sedang ditanya. ( Abu Daud ).

139. Abu Said r.a.meriwayatkan : Rasulullah SAW sambil masuk ketempat shalat ( mesjidnya ) mendapati beberapa orang sedang tertawa ( yang giginya mereka sampai kelihatan ). Baginda berkata : Sesungguhnya jikalau kamu banyak mengingat Pemutus kesenangan ( kematian ) maka ia akan mengalihkan kamu dari apa yang saya dapati ( tertawamu yang berlebihan ). Karena sesungguhnya tiadalah sehari berlalu keatas kuburan kecuali suara yang mengatakan : aku adalah rumah tempat pembuangan; dan aku adalah rumah kesunyian ; dan aku adalah rumah yang penuh dengan debu ; dan aku adalah rumah cacing-cacing. Apabila seorang yang beriman kepada Allah di kebumikan maka kubur akan berkata kepadanya : selamat datang ! sesungguhnya engkau adalah yang paling aku kasihi dari semua orang yang berjalan diatas permukaanku. Sebab itu sekarang apabila aku ditempatkan bertanggung jwab kepada engkau dan engkau telah dibawa kepadaku ; engkau akan mendapati aku memperlakukanmu dengan ramah tama. Rasulullah SAW bersabda : kemudian kubur akan membentang baginya sejauh mata memandang ; dan akan dibukakan baginya sebuah pintu yang menuju ke surga. Dan apabila seorang hamba Allah yang durhaka atau seorang kafir dikebumikan kubur akan berkata kepadnya : Tiada ucapan selamat bagimu ! sesungguhnya engkau adalah yang paling rendah dihadapanku dari semua orang yang berjalan diatas permukaanku. Maka hari ini sebagaimana aku telah diberi tanggungjawab kepadamu dan kamu telah dibawa kepadaku ; segera kamu akan melihat perlakuanku terhadap kamu. Rsulullah SAW bersabda : kemudian kubur akan menghimpitnya sehingga tepi yang satu bertemu dengan tepi yang lain, dan tulang-tulang rusuknya bertikaman satu sama lain ; Rasulullah SAW ( menggambarkan) meletakkan jari-jari ( satu tangan ) antara jari-jari pada pangkalan ( tangan yang lain). Kemudian Baginda bersabda : Dan Alah mengirim ke atasnya 70 ular ; jikalau salah satu daripadanya menyemburkan bisanya keatas permukan bumi ini niscaya tidak akan tumbuh tanaman-tanaman diatas permukan bumi ini ; ular-ular itu akan terus memagutnya dan mengoyak-ngoyaknya sehingga ia dibawah untuk penghisapannya ( pada hari kebangkitan ). Rasulullah SAW bersabda kubur adalah salah satu daripada taman-taman surga atau lobang dari antara lobang-lobang neraka. ( HR.Tirmidzi ).

140- Bara Ibnu Azib r.a. meriwayatkan : Kami keluar bersama Rasulllah SAW menghantar jenazah seorang laki-laki dari Anshar sehingga kami sampai kekuburan yang lobangnya belum digali. Kemudian Rasulullah SAW duduk dan kami duduk mengelilinginya dalam ( keadaan tidak bergerak ) sekalipun burung-burung bertengger diatas kepala-kepala kami, dan ditangannya ada sebuah tongkat dengannya ia membuat goresan diatas tanah kemudian diangkat meengangkat kepalanya dan berkata dua kali atau tiga kali : Mohonlah perlindungan kepada Allah dan siksa kubur. Kemudian ia berkata : Dua malaikat akan mendatanginya dan menjadikan ia duduk kemudian bertanya kepadanya : Siapakah Rab kamu ? Ia akan menjawab : Rab saya ialah Allah. Kemudian ditanya lagi : Apakah Din ( agama ) mu ? Ia kan menjawab Din aku adalah Islam. ditanya lagi : Apa ( yamg engkau katakan ) tentang orang ini yang diutus kepadamu ( sebagai seorang Nabi )? Ia akan menjawab : Ia adalah Rasulullah. Kemudian ditanya lagi : Bagaimana engkau boleh memastikan itu ? Ia akan menjawab : Saya membaca kitab Allah dan saya beriman dan saya bersaksi tentangnya. Kemudian seorang penyeru akan mengumumkan dari langit : Hamba Ku berkata benar sebab itu hamparkan baginya sebuah kasur dari surga dan pakaikan dia dengan pakaian dari sorga, dan bukankan baginya sebuah jendela yang mengarah ke surga. Maka angin sorga dan harum-haruman dari sorga akan bertiup kepadanya, dan kuburnya akan diperluas baginya sejauh mata memandang. Kemudian Rasulullah SAW menyebutkan kematian seorang yang tidak beriman ( kafir ) : Sesungguhnya ruh seorang kafir akan dikembalikan pada jasadnya. Dua malaikat akan mendatanginya, dan menjadikan dia duduk, dan akan mengajuakan pertanyaan kepadanya : Siapakah Rab kamu ? Ia akan menjawab : Wah-wah ! saya tidak tahu ! kemudian akan ditanya lagi : Apa agama mu ? Ia akan menjawab : Wah-wah ! Saya tidak tahu ! kemudian ditanya lagi : Apa ( yang kamu katakan tentang ) orang ini yang diutus kepadamu ( sebagai seorang nabi )? ia kan menjawab : Wah-wah ! saya tidak tahu ! Kemudian seorang penyeru dari langit akan mengumumkan : Ia berkata bohong bahwa dia tidak mengetauhi ) ! karena itu hamparkan baginya sebuah kasur dari neraka, dan pakaikan dia dengan pakaian dari neraka, dan bukakan baginya sebuah jendela yang mengarah ke neraka supaya hawa panas yang membakar dapat bertiup kepadanya dan kuburnya akan menghimpitnya sehinga tulang-tulang rusuknya bertikaman satu sama lain. ( HR.Abu daud )

Catatan : Pengumuman dari langit ( kepada orang kafir ), “ bahwa ia telah berbohong “ bermakna bahwa ia berpura-pura menjadi bodoh, padahal yang sebenarnya ia menyangkal ke Esaan Allah, kenabian Nya Nabi SAW dan Islam. ( Maariful Hadist ).

141- Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya hamba Allah apabila di tempatkan dalam kubur dan sahabat-sahabat meninggalkan dia maka sesungguhnya ia mendengar suara langkah-langkah mereka, dua malaikat mendatanginya menjadikan ia duduk dan akan bertanya kepadanya : Apa yang kamu ketauhi tentang orang ini yakni Muhammad SAW ? kalau ia seorang mukmin ia akan berkata : saya bersaksi bahwa ia adalah hamba Allah dan Rasul Nya. Maka akan dikatakan kepadanya : lihatlah kepada tempatmu didalam neraka ; Allah akan mengggantikannya dengan tempat tinggal dalam sorga. Ia kemudian akan melihat dua tempat tinggalnya itu dan kalau seorang munafik dan kafir akan dikatakan kepadanya: Apa yang kamu kata mengenai orang ini ? Ia akan menjawab : saya tidak tahu ;saya hanya mengatakan apa yang orang kata. Maka akan dikatakan kepadanya : sesungguhnya ia tidak tahu, sesungguhnya kamu tidak tahu dan kamu tidak mengikut orang yang tahu. Kemudian ia akan dipukul dengan palu dari besi yang menyebabkan ia berteriak dengan pekikan yang didengar oleh setiap orang sekitarnya kecuali manusia dan jin. ( HR.Bukhari )

142. Anas r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW bersabda : masa ( Hari Kebangkitan ) tiadak akan mulai sehingga tiada seorangpun yang tinggal di atas dunia ini yang mengucapkan Allah, Allah. Dalam riwayat yang lain : masa( Hari Kebangkitan ) tidak akan dimulai ke atas seseorang yang masih mengucapkan Allah. Allah. ( HR.Muslim).

Catatan : Ini bermakna bahwa hari kebangkitan akan terjadi apabila dunia sama sekali tidak ada orang yang mengingati Allah. Hadist ini juga menjelaskan bahwa hari kebangkitan tidak akan terjadi selagi masih ada walaupun satu orang yang mengatakan : wahai manusia ! takutlah kepada Allah dan sembahlah Dia. ( Mirqat )

143- Abdullah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Masa ( Hari Kebangkitan ) tidak akan terjadi kecuali ke atas manusia yang paling jahat. ( HR.Muslim ).

144- Abdullah Ibnu Umar r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Dajjal akan muncul pada umatku dan akan tetap tinggal selama 40 hari ; saya tidak tahu ( apakah ) untuk 40 hari, atau 40 bulan . atau 40 tahun. Kemudian Allah akan mengutus Isa Ibnu Maryam menyerupai Urwah Ibnu Mas’ud. Ia akan mengejar Dajjal dan membunuhnya. Sesudah itu manusia akan tetap tinggal selama 7 tahun tanpa ada sedikitpun rasa dendam ( bahkan ) anatara 2 orang. Kemudian Allah akan mengirim ( sejenis ) angin yang sejuk dari arah Syam ( Syiria ) ; yang mana tiada seorang pun yang masih tinggal diatas permukaan bumi yang hatinya mempunyai iman walaupun yang paling kecil, kecuali nyawanya akan dicabut dengan angin yang sejuk ini ( bermakna bahwa semua orang yang ada iman akan mati ). Bahkan jikalau seseorang dari pada kamu masuk kedalam liang yang paling dalam dari sebuah gunung, maka angin ini akan masuk kesana dan membunuhnya. Sesudah itu ( hanyalah ) orang-orang jahat ( yang hatinya sama sekali tak ada iman ) yang akan tinggal dengan menganggap enteng perbuatan-perbuatan jahat dan mempunyai pemikiran seperti binatang-binatang buas, mereka tidak mengetauhii yang baik dan tidak menolak yang buruk. Kemudian setan akan menampakkan diri kepada mereka dan berkata : Tidakkah kau menuruti (perintahku ) ? mereka akan berkata : apa yang engkau perintahkan kepada kami ? Ia akan memerintahkan mereka menyembah patung-patung dan ( oleh karenanya ) rezeki yang banyak akan diberikan kepada mereka dan mereka akan menikmati kehidupan yang baik dan mewah. Kemudian terompet akan ditiupkan ; dan tiada seorangpun yang tidak mendengarnya kecuali akan mengangkat kepalanya dengan penuh perhatian ( ingin mengetauhi ) dan orang yang pertama mendengar suara itu ( dan terpengaruh dengan suara itu ) adalah seorang yang sedang mengisi bak air untuk unta-untanya. Kemudian ia kan terjatuh tidak sadarkan diri, dan mati dan begitu pula orang-orang yang bersama dengan dia. Kemudian Allah akan menurunkan air hujan yang menyerupai embun, menyebabkan jasad-jasad manusia mekar ( seperti tanaman-tanaman dari bumi ) kemudian terompet akan ditiupkan kali kedua dan manusia akan bangun melihat sekelilingnya ( dengan penuh keheranan ). Kemudian akan diakatakan : wahai manusia bersegeralah kamu kepada Rab mu ! malaikat-malaikat akan menjadikan mereka berdiri ( dengan penuh perhatian ) dan berkata sesungguhnya mereka adalah tiada terkira banyaknya ! kemudian akan dikatakan : pisahkan penghuni – penghuni neraka ! akan dikatakan berapa banyak ( dari banyaknya manusia itu ) ! dari setiap seribu ; 999 ! pada hari itu ( bahkan ) anak-anak akan menjadi beruban rambutnya ( karena ketakutan) ; dan pada hari itu Shin akan menjadi kosong ( Allah akan menampakkan diri Nya dengan cara yang khusus ) ! (HR.Muslim )

Dalam riwayat lain dikatakan : Mendengar bahwa 999 hari dari seribu orang akan dilemparkan kedalam neraka jahannam, sahabat-sahabat sangat sedih sehingga kesedihan mereka itu ternampak jelas pada muka-muka mereka. Kemudian Rasulullah SAW bersabda : Sembilan ratus sembilan puluh sembilan akan berasal dari ( seperti ) Yajuz dan Majuz dan seorang yang berasal dari kamu. ( HR.Bukhari )

Catatan : Dajjal adalah pembohong besar yang akan keluar dekat pada akhir kiamatnya dunia dan ia akan menamakan dirinya Tuhan. Ia kemudian dibunuh oleh Nabi Isa a.,s.pada kedatangannya yang kedua.

145. Abu Said r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Bagaimana saya boleh gembira dan hidup dalam kesenangan, apabila orang yan di amanahkan dengan sangkakala telah meletakkannya dimulutnya dan ia memasangkan telinganya dengan penuh perhatian sambil menunggu perintah untuk meniupnya. Pernyataan ini nampaknya berat bagi sahabat-sahabat Rasulullah SAW oleh sebab itu Baginda SAW berkata kepada mereka katakanlah :حسبن الله ونعم الوكيل على الله تو كلنا

artinya : Allah saja cukup bagi kamu ! Maha tinggi Allah yang kepadanya kami bertawakal. ( HR.Tirmidzi ).

146- Miqdad r.a.meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Matahari akan dibawah mendekat kepada makhluk pada Hari Kiamat ; sehingga hanya ada satu mil jarak anatara matahari dan mereka. Manusia akan berkeringat seimbang dengan amal-amal perbuatan mereka ( semakin besar dosanya emakin banyak keringatnya ) ; sebagian dari mereka keringatnya akan sampai kepergelangan kaki, sebagiannya kan sampai kelututnya, sebagiannya akan sampai kepinggannya dan sebagiannya akan sampai kemuka-muka mereka. Rasulullah SAW menunjuk kemulutnya dan hidungnya ( yang sebagian orang yang susah bernafas dan terhambat dalam keringat mereka sendiri ). ( HR.Muslim ).

147. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Bahwa Rasulullah SAW bersabda : Manusia akan dibangkitkan pada Hari Kiamat dalam tiga kategori : satu kelompok dalam keadaan berjalan, satu kelompok lagi dengan berkendaraan dan satu kelompok yang lain akan berjalan diatas muka-muka mereka. Ketika ditanya : wahai Rasulullah ! bagaimana mereka boleh berjalan diatas muka-muka mereka ? baginda menjawab : sesungguhnya Dia yang menjadikan mereka berjalan diatas kaki-kaki mereka dapat menjadikan mereka berjalan diatas muka-muka mereka. Mereka akan menghindari setiap rintangan dan duri-duri ( seperti seorang berjalan menghindar dengan kaki-kakinya ) dengan muka-muka mereka. !

148. Adi Ibnu Hatin R.a. meriwayatkna bahwa Rasulullah SAW bersabda : Tiadalah seorang mereka diantara kamu kecuali bahwa Rab nya akan berbicara secara langsung kepadanya tanpa ada perantara antara mereka. Kemudian ia kan melihat kearah kanan ; dan tidaklah ia melihat kecuali apa yang ia telah kirim terlebih dahulu dari amalan-amalannya. Dan ia akan melihat ( dalam keadaan yang tak berdaya ) kesebelah kiri ; dan ia tidak meliihat kecuaali apa yang ia telah kirim terlebih dahulu. Dan iia akan melihat dihadapannya ; dan tidaklah ia melihat kecuali neraka didepan mukanya. Oleh sebab itu jagalah diri kamu dari neraka jahannam walaupun dengan mengeluarkan hanya separuh biji korma ( dengan bersedekah ) ( HR.Bukhari ).

149- Aisah r.anha meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW membaca dalam salah satu shalatnya. اللهم حاسبنى حسابا يسيرا Artinya : Wahai Allah jadikanlah hisabku hisab yang mudah. Ketika ia menyelesaikan ( shalatnya ), saya bertanya : Wahai Nabi Allah ! apa yang dimaksud dengan hisab yang mudah ? Baginda menjawab : bahwa buku amalan-amalan seseorang ketika dibacanya dan kemudian ia akan dilepaskan. Wahai Aisah ! sesungguhnya barngsiapa yang disoal pada hari kiamat ( akan dihisab amalan-amalannya ) akan binasa ! ( Musnad Ahmad )

150. Abu Said Alkudri r.a. mendekati Rasulullah SAW dan bertanya : Beritahukanlah kepadaku yang siapa akan dapat bertahan pad hari kiamat yaang lamanya adalah 50.000 tahun ( yang Allah SWT telah sebutkan :يوم يقوم الناس لرب العلمين

Artinya : Pada hari yang manusia akan berdiri dihadapan Allah Rabbul ‘alamin. Baginda menjawab : akan diringankan bagi orang-orang beriman sama dengan mas yang diambil untuk mengerjakan shalat fardhu ( Baihaqi dan Miskaat )

151. Auf Ibnu Malik Al-Ashja’I r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : seorang malaikat datang kepadaku dari Rab ku dan memberikan kepadaku kebebasan untuk memilih antara separuh umatku masuk sorga, atau wewenangku untuk safaat. Oleh sebabab itu saya memilih safaat, ( supaya seluruh umatku mendapat manfaat daripadanya dan bagi mereka yang mati tanpa menserikatkan sesuatu kepada Allah. ( HR.Tirmidzi )

152. Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SA bersabda : diluar dari orang-orang yang melakukan dosa besar, aku akan memberi safaat bagi orang-orang yang berasal daripada umatku ( dan bukan semua ) (HR.Tirmidzi ).

153. Anas Ibnu Malik r.a.meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : pada hari kiamat manusia akan berlari-lari ( dalam kebingungan ) kepada satu sama lain. Kemudian mereka akan mendekati Adam a.s. dan berkata : berilah kami safaat dihadapan Rab mu. Tetapi ia menjawab : Aku tidak memnuhi syarat ( untuk memberi syafaat )., pergilah kamu mendatangi Ibrahim a.s, karena ia adalah Khalil ( sahabat ) Arrahman. Kemudian mereka akan mendekati Ibrahim a.s. tetapi ia akan berkata kepada mereka : Aku tidak memenuhi syarat, kamu pergilah kepada Musa a.s. karena ia adalah Kalamullah ( dapat berbicara secara langsung kepada Allah. Maka mereka mendatangi Musa a.s., tetapi ia berkata : aku tidak memenuhi syarat, silakan kamu mendatangi Isa a.s., karena ia adalah Ruhullah dan Kalimatullah ( Ruh Allah dan Perkataan Allah ). Maka mereka mendatangi Isa a.s., tetapi ia berkata : Aku tidak memuhi syarat, silakan kamu mendatangi Muhamad SAW. Karena itu mereka mendatangi aku dan aku akan berkata, akulah yang akan memberi syafaat. Sebab itu aku bermohon kepada Rab ku ; dan Dia akan membolehkan aku. Kemudian Allah akan mengilhamkan aku dengan kata-kata yang aku memuji dengannya akan tetapi saya tidak mempunyai pengetauhan akan kata-kata itu sekarang kemudian aku akan memuliakannya dengan pujian-pujian ini ; kemudian aku akan jatuh bersujud. Kemudian kan dikatakan : Hai Muhammad ! angkatlah kepalamu bicaralah maka engkau akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi ; berilah syafaat maka syafaatmu akan diterima maka aku akan bermohon : wahai Rab ! umatku! Umatku ! ( kasihanilah mereka ) maka akan dikatakan : pergilah dan keluarkan ( dari neraka ) siapa yang memiliki iman dalam hatinya sebesar biji gandum. Maka saya akan pergi dan mentati ( sebgaimana yang diperintahkan ). Kemudian saya kembali dan setelah memuji Nya dengan pujian yang sama ; dan bersujud dihadapannya. Kemudian akan dikatakan : hai Muhammad ! angkatlah kepalamu ; bicaralah maka engku akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi ; berilah syafaat maka syafatmu akan diterima. Maka saya kan bermohon wahai Rab ku ! umatku ! umatku ! maka akan dikatakan : pergi dan keluarkan ( dari neraka ) barangsiapa yang memiliki iman dalam hatinya sebesar debu. Maka saya akan pergi dan mentaati ( dengan apa yang diperintahkan ).

Kemudian saya kembali dan memuji Nya ( sekali lagi ) dengan puji-pujian yang sama: dan saya bersujud dihadapan Nya lalu dikatakan : Hai Muhammad ! angkatlah kepalamu ; bicaralah maka engkau akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi: berilah safaat maka safaatmu akan diterima. Maka saya memohon dengan sangat ; wahai Rab ku ! umatku ! umatku ! lalu dikatakan : pergilah dan keluarkan dari neraka sesiapa yang memiliki iman dalam hatinya walaupun lebih kecil, lebih kecil, lebih kecil, dari pada biji sawi. Kemudian saya akan pergi dan melakukan sebagaimana yang ditawarkan. Dan lalu saya akan kembali untuk kali yang keempat dan setelah memuji Nya dengan puji-pujjian ang sama dan saya bersjud dihadapan Nya. Maka akan dikatakan : hai Muhammad ! angkatlah kepalamu ; bicaralah maka engkau akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi ; berilah safaat maka safaatmu akan diterima. Kemudian saya akan mendesak ; Wahai Rab ku ! ijinkanlah aku ( untuk memberi safaat ) bagi sesiapa yng pernah mengucapkan La Ilaha Illallah. Demikianlah Allah SWT akan berfirman : Demi kehormatan Ku, dan kebesaran Ku, dan kemulian Ku, dan keagungan Ku, barang siapa yang pernah mengucapkan La Ilaha Illallah Aku akan ( pasti ) mengeluarkannya ( dari neraka). ( HR.Bukhari )

Dan dalam riayat ayang lain dari Abu Said Al Qudri r.a. : ( dalam menjawab kepada desakan Rasulullah SAW untuk kali yng ke empat ) Allah SWT akan berfirman : Malaikat-malaikat telah memberi safaat, dan nabi-nabi telah memberi safaat, dan orang-orang beriman telah memberi safaat, dan tiada lah yang masih tinggal kecuali Arhamurrahimin ( Yang Maha Penyayang dari orang-orang yang menunjukkan kasih sayangnya ). Oleh karena itu Allah akan memegang segemgam dari api neraka, sambil mengeluarkan orang yang tidak pernah melakukan walaupun satu amalan kebaikan, dan sesiapa yang telah berubah menjadi arang dia akan menempatkan mereka dalam sebuah aluran pada pintu msuk sorga, yang disebut nahar / ul / hayah ( Aluran Kehidupan ). Meraka akan dihidupkan seperti beenih – benih semaian yang tumbuh antara air buangan sesudah mengalir sesudah banjir dan mereka akan menjadi bercahaya dan memancarkan sinar seperti mutiara-mutiara ; sekeliling leher-leher mereka akan diberikan kalung-kalung emas. Para penghuni sorga akan mengenal mereka dengan kalung-kalung ini sebagaimana mereka yang Allah SWT telah bebaskan mereka dari neraka dan menjadikan mereka masuk sorga tanpa mereka melakukan amalan-amalan baik. Kemudian Allah SWT berfirman kepada mereka : masuklah kedalm sorga, dan apa saja yang kamu lihat itulah kepunyaan kamu. Kemudian mereka akan berkata, wahai Rab kami ! Engkau telah memberikan kepada kami apa yang tidak diberikan dalam dunia ! Dia kan menjawab: bagi kamu aku memiliki ( sesuatu) yang lebih baik dari pada ini. Mreka akan berkata : wahai Rab kami apakah ada yang lebih baik dari pada ini ? Allah akan menjawab : Ya Rada ( Yang Aku ridhoi ), sekarang Aku tidak akan peernha marah kepada kamu. (HR.Muslim).

Catatan : Isa a.s. disebutkan dalam hadist ini sebagai Ruhullah dan Kalimatulah, karena ia dilahirkan tanpa seorang ayah dengan perintah Allah Kun ! ( jadi ! maka jadilah ), dan dengan tiupan Jibrail a.s. ( sebagaimana diperintahkan oleh Allah ) ada leher ibunya yang menyebabkannya ada ruh dan menjadi makhluk hidup. ( Tafsir Ibnu Katsir ).

154. Imran Ibnu Husein r.a.meriwayatkan bahwa : Rasulullah SAW bersabda : Sekelompok manusia akan keluar dari neraka dengan safaat Muhammad SAW danmasuk sorga. Mereka akan dikenal sebagai jahannamin, yakni mereka yang seblumnya didalam neraka. ( HR.Bukhari ).

155. Abu Said r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya diantara umatku ada orang yang memberi safaat untuk suatu negeri ; dan ada yang memberi safaat untuk suatu kaum, dan ada yang akan memberi safaat untuk satu Usbah ( sekelompok kecil ) orang yang terdiri daripada sepuluh sampai empat puluh ), dan diantara mereka ada yang memberi safaat untuk satu orang, sehingga ( mereka semua akan memasuki sorga ). ( HR.Tirmidzi ).

156. Hudzaifah dan Abu Hurairah r.anhuma keduanya meriwayatkan satu riwayat yang panjang bahwa : Rasulullah SAW bersabda : Sifat “amanah” dan “silaturahmi” akan ( diberikan sebuah bentuk dan ) berdiri pada sebelah kanan dan kiri siroth ( jembatan yang ada diatas neraka ) – ( supaya memberi safaat kepada orang-orang yang memelihara mereka atau menolak oarng-orang yang tidak memperdulikan mereka. Maka yang pertama dintara kamu akan melewati shirat itu seperti kilat. Saya berkata kepada Nabi SAW : aku korbankan ayah dan ibuku untukmu apa yang engkau maksudkan dengan “ lewat atas shirat seperti kilat ? “ baginda menjawab : tidakkah engkau memperhatikan kilat ; bagaimana ia berlalu dan kembali dalam sekedip mata ! kemudian, ( barisan orang-orang berikut ) akan lewat seperti angin, dan seperti terbangnya burung layang-layang, dan seperti seorang pelari cepat. Hal mana setiap orang akan melewati shirat seimbang dengan amalannya. Dan Nabimu SAW akan berdiri ditepi shirat dan berkata : wahai Rab ku selamatkan mereka ! selamatkan mereka ! sehingga ada orang yang datang yang karena kelemahan amalan-amalan mereka, mereka hanya akan dapat merangkat ( diatas shirat ). Ia kemudian berkata : dan pada kedua tepi shirat bergantung kail-kail yang tajam yang mereka diperintah untuk mengail. Maka sebagian orang yang melarikan diri terluka, dan sebagian orang akan terjatuh kedalam tumpukan api dalam neraka. Dan demi Dia yang memegang nyawa Abu hurairah dalam tangan Nya ; sesungguhnya dlam neraka adalah 70 tahun. (HR.Muslim ).

157. Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan : bhwa Nabi SAW bersabda : ketika saya melewati sorga saya mendapati diri saya pada sebuah sungai, yang pada kedua tepinya terdapat telaga dari lembah mutiara-mutiara. Saya bertanya : apakah ini wahai Jibrail ? ia menjawab : ini adalah kautsar yang Rab mu berikan untuk kamu, kemudian ( saya memperhatikan bahwa ) dasarnya tercipta dari campuran musk yang harum. ( HR.Bukhari ).

158. Abdullah Ibnnu Amr Ibnu Al –As r.anhuma meriwayakan bahawa Rasulullah Saw bersabda telagaku ( Al Kautsar ) panjangnya adalah sejauh satu bulan perjalanan ; yang sudut-sudutnya seimbang, airnya lebih jernih daripada perak, dan harumnya lebih menyenangkan daripada musk dan cangkir-cangkir minumnya laksana bintang-bintang dilangit. Barangsiapa yang minum dari padanya tidak akan pernah haus sesudahnya. ( HR.Muslim ).

Catatan : Jarak satu bulan perjalanan menunjukkan bahwa ukuran Al kautsar adalah begitu luas yang memakan masa satu bulan untuk menyebranginya.

159. Samurah r.a.meriwayatkan bahwa raulullah SAW bersabda : Sesungguhnya bagi setiap Nabi ada sebuah telaga, dan sesungguhnya mereka berlomba-lomba ( satu dengan yang lain) yang telaga – telaga mereka yang paling banyak didatangi ( untuk minum dari padanya ), dan saya berharap, akan didatangi lebih banayk orang. ( HR.Tirmidzi )

160. Ubadah Ibnu Samid r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : barangsiapa bersaksi tiada yang patut disembah kecuali Allah, Dia Yang Esa, tnpa ada serikat, dan Muhammad adalah hamba Nya dan rasul Nya, dan bahwa Isa a.s. adalah hamba Allah dan Rasul Nya, dan perkataannya yang diberikan kepada maryam a.s. dan Roh yang berasal dari Nya, dan bahwa sorga adalah hak dan neraka adalah hak. Allah. Allah akan pasti menjadikannya masuk sorga ketas apa saja amal yang ia telah perbuat. Junadh r.a. menambahkan pada riweayat ini : ( semoga ia memasuki ) dari pintu sorga mana saja yang ia kehndaki ! ( HR.Bukhari ).

161. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW menyebutkan sebuah hadist Qudsi : Aku sudah menyediakan bagi hamba-hambaku yang saleh yang mana tak pernah dilihat oleh mata dan tak pernah terdengar oleh telinga dan ( gambaran yang tidak pernah terdetak ke dalam hati seseorang ! Jikalau kamu hendak membaca :

( As Sajadah 33:16 )

Artinya : Tiada seorang pun yang tahu cendera mata apa yang masih sembunyi bagi mereka ! ( HR.Bukhari )

162. Suhail Ibnu Saad Al –Saidi r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Ruang yang ditempati tukang cambuk dalam sorga adalah lebih baik ( dan lebih berharga ) daripada dunia dan segala isinya. ( HR.Bukhari )

163. Anas r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : luasnya tempat rukuk kamu, atau ruang yang satu tangga berada dalam sorga adalah lebih baik dunia beserta isinya. Dan jikalau seorang wanita daripada wanita-wanita sorga mmeliirik ke atas dunia ini, ( maka seluruh angkasa ) antara sorga dan dunia akan bercahaya dan dipenuhi dengan harum-haruman, sedangkkan selendangnya adalah lebih baik daripada dunia dan segala isinya ! ( HR.Bukhari )

164. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya ada sebuah pohon dalam sorga yang kalau seorang penunggang kuda mengelilinginya selama seratus tahun dibawah naungannya maka dia tidak dapat sampai pada permulaannya. Jika anda mau dapat membaca ayat ini dalam alqur’an : ….wazillin mamdud ( Al waqiah 56 : 30 ), “ ….dan naungan yang membentang luas….” ( HR.Bukhari )

165. Jabir r.a. meriwayatkan :Saya mendegar Nabi SAW bersabda : Sesungguhnya ahli-ahli sorga akan makan dan minum, merka tidak meludah da tidak membuang air kecil atau membuang air besar atau membuang ingus-ingus mereka. Sahabat bertanya: kemudian apa yang terjadi kepada makanan ( yang mereka makan ) ! Baginda menjawab : ( makanan dan minuman aka diubah menjadi ) serdawa dan peluh seperti musyk. Mereka akan diilhamkan ( untuk mengucapkan ) kemuliaan dan pujian kepada Allah , sebagaimana mereka bernafas ! ( HR.Muslim )

166. Abu Said Al Kudri dan Abu Hurairah Anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : seorang akan penyeru akan mengumumkan ( dalam sorga ) sesungguhnya telah ditetapkan bagi kamu bahwa kamu akan tetap sehat, tidak akan pernah jatuh sakit dan sesungguhnya telah ditetapkan bagi kamu bahwa kamu akan hidup terus , tidak pernah akan mati. Dan sesungguhnya telah ditetapkna bagi kamu bahwa kamu akan senantiasa muda tidak pernah akan menjadi tua. Dan sesungguhnya telah ditetapkan bagi kamu, bahwa kamu akan hidup dalam keridhoan dan kebahagaiaan, tidak pernah akan merasa sedih dan susah, dan inilah ( maksud ayat ) yang Allah berfirman :

ونودوا أنكم الجنة أورثتموها بما كنتم تعملون

akan diumumkan kepada mereka bahwa inilah sorga yang kamu wariskan dengan amal-amal kebaikan yang telah kamu lakukan. ( HR.Mulim)

167. Suhaib r.a.meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Apabila ahli-ahli sorga sudah memasuki sorga, AllahTa’ala akan berfirman sukakah kamu supaya aku menganugerahkan kepada kamu dengan satu lagi rahmat yang khusus ? mereka akan bermohon : Tidakkah Engkau telah menjadikan muka-muka kami bercahaya ! Tidakkah Engkau memasukkan kami ke dalam sorga, dan menyelamatkan kami dari neraka ! ( apalagi yang kami inginkan )? ….Rasulullah SAW berkata : ….kemudian hijab akan diangkat ( antara Allah dan mereka ), dan tiadalah yang mereka lebih inginkan daripada wajah Rab mereka, yang Maha Kuat lagi Maha Besar.(HR.Muslim)

168. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : janganlah kamu mendengki seorang jahat dalam -kurnia-kurnianya, karena sesungguhnya kamu tidak mengetauhi apap yang ia perolehi setelah kematiannya. Sesungguhnya baginya Allah mempunyaii seseorang pembunuh ( neraka jahannam ) dan yang tidak pernah mati ! ( Tabrani dan Majma Uz Zawaid ).

169. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : api( dalam dunia ini ) adalah sebagian dari 70 bagian api neraka ! Telah ditanyakan : Wahai Rasulullah bahkan ( api seluruh dunia ) ini sudah cukup ! Baginda menegaskan : Api neraka sudah dikeraskan ke atas api dunia ini 69 kali ganda ; setiap derajat sama dengan panasnya api kamu dalam dunia ini! ( HR.Bukhari).

170. Anas r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : pada hari kiamat seorang daripada ahli neraka yang telah hidup dengan penuh kesenangan dan kemewahan dalam dunia akan dibawah dan dimasukkan sekejap dalam neraka. Kemudian ia akan ditanya : Hai Bani Adam ! adakah kamu mengingat pernah mengalami kehidupan yang baik, kesenangan atau kemewahan sekejap saja ? ia menjawab : tidak, demi Allah wahai Rab ku ! dan begitu juga seorang dari ahli sorga yang mengalami kehidupan yang penuh kesusahan dalam duni ini akan dibawah dan dimasukkan sekejap kedalam sorga. Kemudian ia akan ditanya : Wahai Bani Adam ! adakah engkau mengingat pernah mengalami kehidupan sengasara, atau sekejap kesusahan ? ia akan menjawab : Tidak, demi Allah wahai Rab ku tiada suatu kesengsaran yang pernah saya lalui atau sekejap kesusahan ! (HR.Muslim )

171. Samurah Ibnu Jundub r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : dan diantara mereka ada sebagian manusia yang dimakan oleh api sampai kepergelangan kaki, dan ada sebagian yang sampai kelutut mereka, dan ada sebagian orang yag terbakar sampai pinggang mereka, dan ada sebagian dari mereka yang dimkan habis oleh api sampai kepada sampai kepada tulang selangka. ( HR.Muslim )

172- Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan : Rasulllah SAW membaca ayat berikut :

اتقوالله حق تقتهولا تمتوتن إلا واتتم مسلمون Artinya : Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan berserah diri kepada Allah .

Rasulullah SAW menegaskan berkenan dengan takwa kepada Allah dan azabnya : jikalau sebiji Zaqqum ( pohon dalam neraka ) dijatuhkan kedalam dunia ini, akan merusakkan kehidupan semua manusia ( didalamnya). Degan demikian bagaiman akan terjadi dengan dia dan menjadi makanan siapakah nantinya ? ( HR.Tirmidzi )

173. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Ketika Allah menciptakan sorga, ia berkata kepada Jibrail a.s. : pergilah melihat sorga itu ! maka ia pergi melihatnya setelah kembali ia berkata : wahai Rab ku ! Demi kebesaranmu dan kehormatanku, tidaklah seseorang yang mendengar tentangnya kecuali ia akan berusaha memasukinya ! kemudian Allah SWT meliputi sorga itu dengan kesusahan-kesusahan ( ketaatan kepada syariat yang berlawanan dengan tabiat manusia ) dan Dia memerintahkan : Hai Jibrail ! pergilah sekali lagi melihat surga itu ! kemudian ia pergi dan melihatnya dan setelah kembali ia berkata : wahai Rab ku demi kebesaran dan kehormatan Mu, sesungguhnya saya khawatir bahwa tiada seorangpun yang akan dapat memasukinya ! kemudian Allah menciptakan neraka dan berkata : hai Jibrail pergilah melihat neraka itu ! maka ia pergi melihatnya, setelah kembali ia berkata : wahai Rab ku demi kebesaran Mu dan kehormatan Mu , tiadalah seorang yang mendengar tentangnya kecuali ia akan berusaha untuk menghindar dari padanya ! maka Allah SWT meliputi neraka itu dengan hawa nafsud dan perbutan-perbuatan yang tidak pantas, dan Dia memrintahkan : Hai Jibrail ! pergilah sekali lagi melihat neraka itu ! maka ia pergi, melihatnya dan setelah kembali ia berkata : Wahai Rab ku demi kebesaran Mu, kehormatan Mu dan keagungan Mu ; saya khawatir bahawa tiadalah seorangpun yangg dapat terhindar daripadanya ! ( HR.Abu Daud ).

Tinggalkan komentar

Ummu Salma al-Atsariyah

Meraih Kebahagian Dunia dan Akhirat

Seputar Psikiatri, Psikiater, dan Psikologi

Info, Tanya Jawab, dan Edukasi Kesehatan Jiwa

Jamaah tabligh, Dakwah Tabligh, Khuruj, Bayan

Jamaah tabligh, Dakwah Tabligh, Khuruj, Bayan, dakwah islam, dakwah nabi, dakwah rasulullah,contoh Dakwah, Dakwah Nabi Muhammad, Sejarah dakwah, Kisah Nabi, Kisah Islam, Mendidik karakter, Shahabat Nabi

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Iman dan Amal Soleh

Kebahagian Kesuksesan Manusia Hanya Dalam Amal Agama Islam Yang Sempurna

b a a s r

belajar adab-adab sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

Penulis Super

Menulis segala Hal Yang Berguna Untuk Anda | Trik Menarik | Tips Terbaru | Hal Yang Paling Super Saat Ini dan Rahasia | Cara Mengetahui sifat, karakter, watak dan kepribadian seseorang

Photo Nature Blog

Nature Photography by Jeffrey Foltice

Love thy bike

A love of photography, cycling and exploring places on two wheels.

Bacalah!

Membuka Pikiran Anda

ALL MANAGEMENT INSIGHT

Dokumentasi Blog sejak tahun 2007

grizanderson

...from the middle of nowhere

FITRIA KURNIAWAN (ABU FAHD)

Agen Herbal, Adventure, Dakwah, Kisah, dll

Merajut Kata

Untuk-MU, ALLAH-ku.. Untuk Mereka, Orangtuaku.. Untukmu, Saudaraku..

Agus Ibnu Syofiardy

"QOYYIDUL 'ILMA BIL KITABI" (Ikatlah Ilmu dengan Tulisan)

sendaljepitblog

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Iwan blog world

ILMIAH - KONSTRUKTIF - INSPIRATIF

Fiaspirit's Blog

Just another WordPress.com site

Catatan SederhaNa

because life is a story

Teorionline

References, Tutorials and Discussion

Broto Blog

Hidup adalah pilihan, tentukan pilihan itu sekarang atau pilihan yang akan menentukanmu

selembar kertasku

merubah peradaban dunia dengan pemikiran dan tulisan

almubayyin

Dakwah is My Lifestyle

MANAJEMEN OPERASI/PRODUKSI

Blog Mata Kuliah : Program MM-UHAMKA

Sebuah Coretan

>>> Aksi Dan Reaksi Semesta <<<

~p0c0ng~

Not luxorious just simple place