Keutamaan Al-Qur’an

Saudaraku seiman seagama, mari kita luangkan waktu kita untuk membaca dan mentadabburi ayat-ayat suci Al-Qur’an dan sabda-sabda Rasulullah saw. Hendaklah kita meluangkan waktu khusus untuk membaca Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sekurang-kurangnya kita baca 10 ayat Al-Qur’an setiap hari, agar tidak digolongkan sebagai orang-orang yang lalai.

Apakah sulitnya bagi kita meluangkan waktu 5-10 menit untuk membaca surat-surat cinta dari Kekasih kita, Allah swt.? Jangan sampai kita tidak membaca dan menyentuhnya sama sekali dalam sehari pun.

Apabila kita telah terbiasa membacanya 1 juz atau lebih setiap hari, maka itu sangatlah bagus. Hendaklah kita pertahankan dan tingkatkan lagi. Dan marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan dan menyampaikan Kalam yang mulia ini.

Man taufiqi illa billah “tiada taufik bagiku kecuali dengan (pertolongan) Allah swt.”

Adapun di antara ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan keutamaan Al-Qur’an dan keutamaan membacanya adalah sebagai berikut:

Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.. (Al-Baqarah: 2)

“Sebagaimana Kami telah mengutus kepada kalian Rasul di antara kalian yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kalian, mensucikan kalian dan mengajarkan kepada kalian Al-Kitab dan Al-Hikmah (As-Sunnah), serta mengajarkan kepada kalian apa yang belum kalian ketahui.” (Q.S. Al-Baqarah: 151)

“Dan Allah telah menurunkan Al-Kitab dan Al-Hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan karunia Allah sangat besar atasmu.” (Q.S. An-Nisa’: 113)

“Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang, sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kalian mengetahui. Sesungguhnya al-Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauh Mahfudh), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al-Qur’an ini?” (Q.S. Al-Waqi’ah: 75-81)

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Tuhan kalian dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. Katakanlah, “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (Q.S. Yunus: 57-58)

Hadits-hadits Rasulullah saw. mengenai keutamaan Al-Qur’an dan keutamaan membacanya:

Dari Buraidah Al-Aslami r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kelak pada hari Kiamat akan dipakaikan mahkota dari cahaya yang sinarnya seperti sinar matahari dan kedua orangtuanya akan diberi dua pakaian yang tidak dapat dinilai dengan dunia. Kedua orangtuanya bertanya, ‘Mengapakah kami diberi pakaian ini?’ Maka dijawab. ‘Karena anak kalian telah menghafal Al-Qur’an.'” (H.R. Muslim)

Dari abu Dzar r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda (kepada Abu Dzar r.a.), “Hendaklah kamu membaca Al-Qur’an dan mengingat Allah ‘azza wa jalla, karena semua itu akan menyebabkan namamu disebut di langit dan menjadi cahaya bagimu di bumi.” (H.R. Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman)

Dari ‘Aisyah r.ha., ia berkata, Rasulullah saw., bersabda, “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an akan bersama malaikat-malaikat pencatat yang mulia, ta’at dan bersih dari dosa. Dan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata, dan terasa susah baginya, akan mendapat dua pahala.” (H.R. Muslim)

Dari Abu Musa r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur’an seperti jeruk manis, baunya harum, rasa enak. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al Qur’an seperti kurma, tidak harum tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafiq yang membaca Al Qur’an seperti bunga raihan, baunya harum tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca Al Qur’an seperti buah pare, tidak berbau dan rasanya pahit.” ( H.R. Bukhari, Muslim, Nasa’i, Tirmidzi )

Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak berkumpul suatu kaum dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah, saling mengajarkannya sesama mereka, kecuali diturunkan kepada mereka sakinah, rahmat menyirami mereka, para malaikat akan mengerumuni mereka, dan Allah swt. akan menyebut-nyebut mereka di kalangan malaikat yang ada di sisi-Nya.” (H.R. Muslim, Abu Dawud)

Dari Utsman Ibnu Affan r.a., bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R.Tirmidzi)

Silakan kunjungi FP Al-Qur’an dan Al-Hadits

Tinggalkan komentar

Ummu Salma al-Atsariyah

Meraih Kebahagian Dunia dan Akhirat

Seputar Psikiatri, Psikiater, dan Psikologi

Info, Tanya Jawab, dan Edukasi Kesehatan Jiwa

Jamaah tabligh, Dakwah Tabligh, Khuruj, Bayan

Jamaah tabligh, Dakwah Tabligh, Khuruj, Bayan, dakwah islam, dakwah nabi, dakwah rasulullah,contoh Dakwah, Dakwah Nabi Muhammad, Sejarah dakwah, Kisah Nabi, Kisah Islam, Mendidik karakter, Shahabat Nabi

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Iman dan Amal Soleh

Kebahagian Kesuksesan Manusia Hanya Dalam Amal Agama Islam Yang Sempurna

b a a s r

belajar adab-adab sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

Penulis Super

Menulis segala Hal Yang Berguna Untuk Anda | Trik Menarik | Tips Terbaru | Hal Yang Paling Super Saat Ini dan Rahasia | Cara Mengetahui sifat, karakter, watak dan kepribadian seseorang

Photo Nature Blog

Nature Photography by Jeffrey Foltice

Love thy bike

A love of photography, cycling and exploring places on two wheels.

Bacalah!

Membuka Pikiran Anda

ALL MANAGEMENT INSIGHT

Dokumentasi Blog sejak tahun 2007

grizanderson

...from the middle of nowhere

FITRIA KURNIAWAN (ABU FAHD)

Agen Herbal, Adventure, Dakwah, Kisah, dll

Merajut Kata

Untuk-MU, ALLAH-ku.. Untuk Mereka, Orangtuaku.. Untukmu, Saudaraku..

Agus Ibnu Syofiardy

"QOYYIDUL 'ILMA BIL KITABI" (Ikatlah Ilmu dengan Tulisan)

sendaljepitblog

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Iwan blog world

ILMIAH - KONSTRUKTIF - INSPIRATIF

Fiaspirit's Blog

Just another WordPress.com site

Catatan SederhaNa

because life is a story

Teorionline

References, Tutorials and Discussion

Broto Blog

Hidup adalah pilihan, tentukan pilihan itu sekarang atau pilihan yang akan menentukanmu

selembar kertasku

merubah peradaban dunia dengan pemikiran dan tulisan

almubayyin

Dakwah is My Lifestyle

MANAJEMEN OPERASI/PRODUKSI

Blog Mata Kuliah : Program MM-UHAMKA

Sebuah Coretan

>>> Aksi Dan Reaksi Semesta <<<

~p0c0ng~

Not luxorious just simple place